Kamis, 22 Maret 2012

Bagian - bagian Hard Disk


Hard Disk adalah Sebuah Komponen Perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpanan data. didalam hard disk tersebut terdapat beberapa komponen atau bagian - bagian yang mempunyai fungsi - fungsi tertentu
Jika kita membedah isi Harddisk, maka  kita akan menemui beberapa komponen seperti piringan tebal dan kokoh yang berwarna perak. Harddisk mempunyai banyak piringan sehingga kapasitasnya lebih besar. Kinerja Hardisk lebih cepat dibandingkan disket dan kemampuan penyimpanan data nya pun lebih jauh lebih besar dibandingkan dengan disket



Bagian - Bagian Hardisk

-Platter
Bagian ini berbentuk piringan yang terbuat dari metal yang mengandung jutaan magnet - magnet kecil ( magnetik domain ) dengan bahan magnetik sehingga mampu menyimpan data. Piringan tersebut disusun menjadi satu dan seakan-akan bertumpuk dan diletakkan di dalam suatu tempat tertutup, hampa dan bebas debu. Dalam piringan tersebut terdapat Track dan Sector yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan file system. Setiap permukaan platter akan menjadi beberapa lingkaran yang disebut track. Gabungan beberapa track yang berada pada posisi yang sama disebut cylinder. Setiap track dibagi lagi menjadi sector. Beberapa sector yang dihubungkan disebut dengan cluster.misalnya kita mempunyai hardisk 500 GB maka jumlah keseluruhan yang dapat dipakai bukan lah sebanyak itu karena terdapat track dan sector yang digunakan sebagai ID pengenal dan format data.Daerah pada disk bisa dibagi menjadi dua, yaitu daerah sistem (system area) dan daerah data (data area).

-Read Write Head
  Piranti ini bertugas membaca atau menulis data dari atau ke piringan harddisk. Head ini terdiri dari head atas dan head bawah. Alat ini terdapat di atas piringan ( platter ) oleh karena itu pada saat harddisk sedang bekerja di harapkan tidak terjadinya g

-Access Arm
Access arm adalah sebuah tungkai yang berfungsi untuk memegang head. Tungkai ini menggerakkan head ke seluruh permukaan piringan harddisk.

-Silinder
Silinder adalah as yang berfungsi untuk memegang platter agar dapat bergerak pada porosnya. Silinder ini berbeda dengan istilah cylinder pada platter yang merupakan gabungan dari beberapa track.

-Magnet
Di dalam harddisk, magnet terdiri dari magnet alam (magnet permanen) dan magnet buatan (terjadi karena adanya arus listrik). Magnet berfungsi untuk mengatur kecepatan gerak head pada waktu membaca data.

-Head Controller
Head controller adalah sirkuit elektronik yang berguna sebagai pengontrol dan pengendali head agar menulis dan membaca data (informasi).

-Board (PCB harddisk)
Board adalah suatu modul yang berfungsi untuk mengatur atau mengontrol kinerja harddisk.

-Drive Motor
Drive motor berguna untuk menggerakkan piringan harddisk pada porosnya. Motor inilah yang menentukan kecepatan perputaran piringan harddisk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar